VPN serta Proxy Server untuk Meningkatkan Keamanan Privasi saat Mengakses Internet

VPN serta Proxy Server untuk Meningkatkan Keamanan Privasi saat Mengakses Internet

Privasi dari pengguna internet sekarang ini menjadi sangat diperhatikan. Sudah banyak terjadi kasus penyelewengan privasi yang ada di mana penyedia layanan internet menjual atau membocorkan histori dair browsing yang dilakukan oleh penggunanya atau pelanggannya. Kalaupun tidak dibocorkan atau dijual secara sengaja, ada aksi pembobolan dengan pembajakan atau penggunaan malware untuk mencuri data serta informasi tersebut.  Histori dari browsing ini menjadi data yang sangat penting sekarang dan banyak hal yang bisa terjadi ketika data itu diakses oleh orang lain. Masalah pelanggaran privasi ini pun perlu diatasi. Selain dengan memilih penyedia layanan internet yang tepat, pengguna dari layanan internet bisa melakukan antisipasi untuk mendapatkan tingkat keamanan yang lebih bagus. Salah satunya adalah dengan penggunaan VPN, proxy dan akses lainnya.

Keberadaan dari VPN dan proxy memang bisa meningkatkan keamanan yang ada dalam penggunaan internet. Privasi hingga data lainnya akan menjadi lebih aman. Walau secara umum keduanya memiliki fungsi yang mirip, namun  VPN dan proxy ini memiliki mekanisme serta fungsi spesifik yang berbeda sehingga pemilihan penggunaannya pun akan berbeda pula. Ini menjadi hal yang patut diketahui agar nantinya ada bahan pertimbangan dalam pemilihan layanan yang akan digunakan.

Yang pertama akan menjadi pembahasan adalah proxy. Proxy ini biasanya juga dikenal dengan nama proxy server. Sesuai namanya, ini merupakan suatu server istimewa yang berperan sebagai penengah ketika seseorang mengakses internet. Proxy ini menjadi seperti menjadi suatu jembatan ketika seseorang ingin mengakses website atau bahkan aplikasi. Peran sebagai penengah dan jembatan inilah yang kemudian membuat proxy server mampu meningkatkan keamanan dan proteksi pada privasi pengguna. Tak hanya sekedar sebagai penengah saja karena bahkan proxy pun menjadi filter dan pelindung dalam akses internet itu. Dengan penggunaan proxy tersebut, pengguna tidak akan langsung menggunakan IP address yang ada di PC. IP address ini berbeda antara satu perangkat dengan perangkat lainnya dan ini menjadi salah satu hal yang bisa dilacak. Dengan menggunakan proxy, IP yang digunakan tidak lagi IP yang ada di komputer tapi itu merupakan alamat IP dari proxy server yang digunakan. Dengan demikian, secara umum akses dan penggunaan internet pun menjadi tidak bisa terlacak begitu saja.

Seperti yang sudah dikatakan, penggunaan proxy server membuat IP tidak bisa dilacak begitu saja. Dengan kata lain, kemungkinan untuk mengetahui IP address pengguna yang sebenarnya masih tetap bisa dilakukan. Ini karena akses internet yang terjadi tidak benar-benar terinkripsi. Oleh karena itu, akses internet masih tetap terbuka dan menyediakan peluang bagi orang lain untuk mengetahuinya. Tentu ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hacker masih tetap perlu adanya kemampuan khusus dan perangkat khusus untuk kemudian melacak IP address yang sebenarnya. Untuk itu, proxy ini tidak benar-benar sepenuhnya aman. Proxy server pun lebih banyak disarankan untuk pengguna normal saja yang mana tidak perlu sistem keamanan tingkat tinggi. Ditambah lagi, akses untuk proxy server pun terbilang lebih terjangkau dari segi harga yang ada. Bahkan, ada juga layanan gratis untuk menggunakan proxy server ini sehingga berselancar dan membuka website pun menjadi lebih aman dengan lebih kecilnya akses lokasi menjadi tidak diketahui dengan mudah.

Peran dari VPN pun sama dengan proxy. VPN juga menjadi jembatan yang menghubungkan pengguna dan akses internetnya. VPN pun akan memodifikasi IP address yang ada sehingga lokasi akan disamarkan dan dialihkan ke lokasi lainnya tergantung pada VPN yang digunakan atau server dari VPN tersebut. Dengan demikian, IP address sebenarnya akan disamarkan dan tidak akan diketahui begitu saja sehingga ketika layanan penyedia internet pun mengalami pembacakan atau bahkan secara sengaja membuka serta membocorkan data yang ada, IP address akan lebih aman dan privasi pun menjadi tidak benar-benar diumbar begitu saja. Namun, VPN memang lebih bagus dalam pengaturan IP address tersebut di mana lalu lintas internet akan dikelola dan dialihkan secara penuh ke server dari VPN yang digunakan. Prosesnya adalah dengan mengubah dan memodifikasi ISP lokal yang ada. Dengan demikian, tidak hanya IP address saja yang dialihkan dan disembunyikan, tapi history browsing, hingga aktivitas membuka email, download serta aktivitas lainnya akan benar-benar disembunyikan dan terproteksi.

Ketika proxy server tidak mengenkripsi lalu lintas internet yang ada, VPN akan melakukan enkripsi. Dengan demikian, tidak hanya disembunyikan saja, tapi data yang ada akan benar-benar terlindungi sehingga kemungkinan adanya pembobolan data dan pembajakan pun menjadi jauh lebih kecil. Hacker tidak akan mudah untuk membobol enkripsi yang ada sehingga tingkat keamanan yang ada menjadi sangat tingggi. Ini membuat layanan VPN pun menjadi lebih mahal. Layanan yang ada pun bisa lebih mahal tergantung pada fitur yang ditawarkan. Karena itu, VPN sangat cocok bagi orang yang ingin mendapatkan keamanan privasi tingkat tinggi.


Leave a Reply

Your email address will not be published.