SSH dan Hal yang Perlu Diketahui tentang Koneksi Tersebut

SSH dan Hal yang Perlu Diketahui tentang Koneksi Tersebut

Kemajuan teknologi, terutama teknologi komunikasi membuat beragam hal menjadi jauh lebih mudah untuk diakses. Dengan bantuan dari internet, sekarang bahkan berbagai hal bisa dilakukan secara remote atau jarak jauh. Hal ini tidak sebatas dalam hal akses untuk berkomunikasi. Belanja dan bermain game secara online menjadi bentuk kemudahan lainnya. Bahkan, mengontrol perangkat dari jarak jauh pun sangat mungkin dilakukan sekarang. Ini bisa terjadi salah satunya dengan bantuan dari SSH atau yang merupakan kepanjangan dari secure shell connection. Akses yang satu ini barangkali tidak terlalu diketahui oleh banyak orang dan lebih banyak digunakan oleh-orang yang terlibat langsung dengan komputer dan teknologi komunikasi. Walau demikian, tak ada salahnya juga untuk anda pun tahu dan barangkali anda akan bisa mendapatkan manfaatnya.

SSH ini merupakan suatu bentuk dari protokol administrasi. Fungsinya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, adalah untuk memberikan akses kepada penggunanya untuk mendapatkan akses dalam menjalankan beragam pengaturan di dalam suatu perangkat hingga file yang ada di dalam jaringan server dengan menggunakan koneksi internet. Dengan bantuan dari SSH ini, anda akan bisa mendapatkan akses untuk mengontrol suatu server tanpa harus datang langsung atau mengakses secara langsung server tersebut.  Ini akan sangat berguna salah satunya dalam proses transfer file atau data. Namun, aplikasinya bisa jauh lebih luas lagi, termasuk juga dalam pengaturan komputer yang terhubung dalam jaringan server yang sama, dan fungsi yang ada menjadi lebih menarik lagi karena ini memungkinkan anda untuk mengambil file hingga memasang serta menghapus aplikasi yang ada di dalam komputer yang terhubung itu tanpa anda harus mengakses komputernya secara langsung. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan utamanya perlu adanya jaringan internet sebagai penghubung antara pengguna atau client dengan perangkat yang terhubung pada jaringan server yang sama.

Dengan adanya SSH ini, ada banyak keuntungan serta manfaat yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah akses kontrol yang leluasa terhadap hosting secara jarak jauh. Ketika berbicara tentang hosting, ini tidak selalu berhubungan dengan website. Hosting yang dimaksud adalah  dalam kerangka keterkaitan jaringan porangkat yang ada dalam satu server. Tanpa harus datang langsung ke server fisik atau perangkat yang menjadi server, modifikasi data, pengelolaan aplikasi, monitor terhadap log server, dan akses lainnya bisa dilakukan dari jarak jauh dan prosesnya tidak terlalu sulit sama sekali. Dengan adanya SSH ini pula, cyber crime bisa dicegah. Ini karena akses dari client ke server mengharuskan adanya proses verifikasi yang tidak mudah dan nantinya ada sistem keamanan terenkripsi yang terjadi sepanjang akses SSH tersebut. Dengan demikian, akses transfer data dan informasi menjadi sangat aman. Bahkan ketika kemudian terjadi upaya pembajakan oleh hacker, SSH secara otomatis akan memutuskan koneksi yang ada sehingga hacker akan gagal dalam membajak akses tersebut. Proses verifikasi ini pun hanya bisa dilakukan oleh client yang memang tahu kode khusus yang diperlukan dalam membuka akses jaringan SSH tersebut. Kode khusus atau password yang digunakan pun tidak bisa begitu saja diretas atau dibajak karena nantinya pengguna tidak sekedar memasukkan password tapi ada proses autentikasi yang rumit dan ini mempersulit hacker untuk membobol dan membajak data yang ada.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sistem protokol dari SSH ini secara umum menggunakan model jaringan client-server. Dengan kata lain, nantinya client akan meminta akses kepada SSH server dengan proses autentikasi yang ada. Pada proses awalnya, client akan membuka koneksi yang ada dengan menggunakan konci kriptografi yang dimiliki. Dengan kunci tersebut, proses verifikasi akan berjalan dan menghubungkan client kepada SSH server. Ketika kuncinya tidak sesuai, koneksi tidak akan terbuka dan remote access pun menjadi gagal untuk terjadi. Ada komunikasi antara SSH client dan SSH server dalam proses verifikasi tersebut. Prosesnya menggunakan aplikasi SSH client sebelum jaringan aman akan terbuka antara client dan server. Ketika verifikasi sudah selesai dan terjamin keamanannya, akses secara jarak jauh pun bisa didapaktkan.

Dalam prosesnya, SSH memang menjadi sangat aman karena adanya teknologi enkripsi. Salah satunya adalah enkripsi simetris atau symmetric encryption. Enkripsi ini diterapkan dalam penggunaan kunci ketika membuka akses serta proses verifikasi sebelum jaringan aman bisa digunakan. Kunci itu ada di pihak server dan client. Ketika client meminta akses untuk menghubungkan ke server, kunci digunakan dan jaringan akan terbuka ketika kunci yang ada di server cocok dengan kunci yang dimasukkan oleh SSH client. Selanjutnya, ada enkripsi asimetris. Sistem enkripsi masih menggunakan kunci yang sama namun kuncinya ada dua dan itu adalah private key dan public key. Private key itu dimiliki oleh server sedangkan public key akan dimiliki oleh client. Client akan menggunakan public key itu untuk memulai proses dalam membuka jaringan SSH. Jaringan akan terbuka ketika public key yang digunakan tersebut cocok dengan private key yang ada di server.


Leave a Reply

Your email address will not be published.